• Selamat Datang Di Website Bappeda Kab.Paser
  • Gunung Embun Desa Luan

images

Bimtek Implementasi E-Arsip dan Aplikasi SRIKANDI Se-Kalimantan Timur

BALIKPAPAN – Bappedalitbang Kabupaten Paser beserta Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Paser,Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Paser ,dan Sekretariat Daerah mengikuti kegiatan Bimtek (Bimbingan Teknis) Implementasi E-Arsip Terintegrasi dan Aplikasi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) yang dilaksanakan oleh ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) di Hotel Zurich Balikpapan, Senin hingga Selasa, 29 – 30 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalimantan Timur, HM Syirajudin.

Dalam sambutannya ia mengatakan, bimtek tersebut penting dilaksanakan karena memiliki peran strategis dalam upaya mendukung terselenggaranya sistem pemerintahan berbasis elektronik melalui aplikasi Srikandi.

"Seperti diketahui bersama, aplikasi Srikandi pada dasarnya merupakan integrasi antara pengelolaan arsip dinamis berbasis digital," ujarnya.

Ia juga berharap, melalui momentum bimtek ini, diharapkan peserta dapat mengikuti dengan serius dan sungguh-sungguh. Agar nantinya mampu mengoperasikan Srikandi dengan baik, khususnya dalam menjaga dan melindungi arsip-arsip di daerah.

Sementara itu, Sri Wulandari selaku Arsiparis Madya Koordinator Kelompok Substansi Kearsipan Daerah Wilayah IA ANRI dalam sambutannya mengatakan, aplikasi SRIKANDI sendiri merupakan salah satu aplikasi umum yang telah ditetapkan oleh Kemenkominfo RI dan dikembangkan oleh ANRI.

“Aplikasi SRIKANDI ini dapat memenuhi kebutuhan pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik secara online dan tentunya terintegrasi,” jelasnya.

Dijelaskannya juga, kegiatan Bimtek ini merupakan tindaklanjut dari Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan percepatan dari implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) sebagaimana diamanatkan dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

“ANRI sendiri juga menargetkan setidaknya pada tahun 2023, aplikasi Srikandi telah digunakan secara aktif diseluruh Indonesia,” tambahnya.

Kegiatan ini sendiri diikuti oleh seluruh perwakilan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur, dimana masing-masing terdiri dari Arsiparis dari Lembaga Kearsipan Daerah, Admin Pemerintah Daerah dari Dinas Komunikasi Informatika dan Admin OPD dari Sekretariat Daerah serta Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah.

Dihari pertama, kegiatan difokuskan pada tugas dan fungsi Admin Pemerintah Daerah dan Admin OPD Untuk Admin Pemerintah Daerah sendiri merupakan admin level tertinggi disetiap daerah dimana tugasnya adalah mendaftarkan seluruh OPD kedalam aplikasi SRIKANDI serta membuatkan akun untuk Kepala Daerah serta akun seluruh admin OPD.

 

Sedangkan Admin OPD memiliki tugas untuk membuat dan mendaftarkan struktur OPD-nya serta membuat akun untuk pimpinan OPD, pejabat hingga staf didalam OPD tersebut.

Dihari kedua, kegiatan difokuskan pada tugas dan fungsi Arsiparis dan Pencatat Surat serta simulasi pembuatan dan proses pengiriman surat melalui aplikasi SRIKANDI.

Berikut materi Bimtek :


TAG

Dipost Oleh Team Website Bappedalitbang

Janganlah mengeluh untuk tangan yang belum bisa menggapai bintang dilangit, tapi Bersyukurlah untuk kaki yang masih dapat menginjak bumi...

Tinggalkan Komentar