• Selamat Datang Di Website Bappeda Kab.Paser
  • Gunung Embun Desa Luan

images

Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur Kunjungan ke Bappedalitbang Kab.Paser

                 Pada Kamis, 23 Juli 2020 Bappedalitbang menerima kunjungan dari Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka diskusi terkait penginputan Rencana Aksi Ham Triwulan kedua (B08) yang penginputannya akan dibuka mulai tanggal 28 Agustus 2020 langsung melalui sismonev kantor staf presiden, serta review hasil Rencana Aksi HAM Kabupaten Paser yang telah dilaksanakan pada triwulan 1. Dalam hal ini, Kabupaten Paser termasuk ke dalam daerah yang melaksanakan Rencana Aksi ini dengan cukup baik. Berdasarkan hasil pada triwulan 1 terdapat beberapa indikator yang masih perlu diperbaiki dalam penginputan pada triwulan kedua, diantaranya :

  1. Meningkatnya hasil harmonisasi Rancangan Produk Hukum Daerah agar tidak mendiskriminasi hak-hak perempuan, anak, dan penyandang disabilitas. Besar capaian pada indikator ini adalah 76% (pada status hijau), indikator ini belum mencapai 100% dikarenakan belum adanya Program Pembentukan Peraturan Daerah.
  2. Meningkatnya jumlah guru di daerah. Besar capaian pada indikator ini adalah 75% (pada status kuning), indikator ini belum mencapai 100% dikarenakan kurangnya data dukung yang berupa analisa dalam bentuk narasi yang menjelaskan mengenai kebutuhan guru, permasalahannya, dan rekomendasi terhadap permasalahannya.
  3. Tersedianya fasilitas ruang menyusui yang memadai di perkantoran milik pemerintah daerah dan swasta. Besar capaian pada indikator ini adalah 75% (pada status kuning), indikator ini belum mencapai 100% dikarenakan kurangnya data dukung yang berupa laporan evaluasi kebijakan pemda mengenai implementasi kebijakan pemerintah daerah terkait penyediaan fasilitas ruang menyusui.
  4. Meningkatnya tindak lanjut pengaduan permasalahan terhadap dugaan pelanggaran hak perempuan, anak, penyandang disabilitas, masyarakat adat dan pengaduan terkait konflik lahan. Besar capaian pada indikator ini adalah 100% (pada status hijau), data dukung yang diinput telah lengkap.

Berdasarkan hasil dari input triwulan 1, Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur mengharapkan agar pada triwulan 2, indikator-indikator yang masih belum memenuhi capaian status hiijau lebih ditingkatkan.  


TAG

Tinggalkan Komentar