• Selamat Datang Di Website Bappeda Kab.Paser
  • Gunung Embun Desa Luan

images

Orientasi Antar Pribdi Bagi Kader Pembangunan Manusia KPM Kabupaten Paser Tahun 2022

Tana Paser-Bappedalitbang melalui bidang PPM menghadiri kegiatan pembinaan kader pembangunan manusia (KPM) di 10 kecamatan se kabupaten Paser sebagai bentuk pelaksanaan dari aksi ke 5 dalam konvergensi percepatan penurunan stunting. dalam acara tersebut selain unsur kecamatan sebagai penyelenggara dihadiri juga narasumber dari Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta tim ahli pendamping desa , peserta kegiatan yaitu dari KPM masing masing desa.


Kader Pembangunan Manusia (KPM) adalah kader masyarakat terpilih yang mempunyai kepedulian dan bersedia mendedikasikan diri untuk ikut berperan dalam pembangunan manusia di desa, terutama dalam monitoring dan fasilitasi konvergensi penurunan stunting. KPM berperan mengajak partisipasi masyarakat dan lembaga dalam proses perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan pemantauan. KPM juga perlu untuk berkoordinasi dengan pelaku program dan lembaga lainnya seperti bidan desa, petugas puskesmas lainnya (ahli gizi, sanitarian), guru PAUD dan aparat atau lembaga desa. Keberadaan kader pembangunan manusia dapat menjadi motor penggerak keberhasilan penanggulangan penurunan stunting di desa serta dapat mendorong keaktifan TPPS desa yang telah dibentuk oleh kepala desa setempat.


Pembinaan KPM tahun 2022 ini disampaikan dengan materi uraian tugas dan fungsi KPM, komunikasi antar pribadi serta penyamaan persesi da pelaporan antara KPM dengan petugas kesehatan.


TAG

Dipost Oleh Team Website Bappedalitbang

Janganlah mengeluh untuk tangan yang belum bisa menggapai bintang dilangit, tapi Bersyukurlah untuk kaki yang masih dapat menginjak bumi...

Tinggalkan Komentar