• Selamat Datang Di Website Bappeda Kab.Paser
  • Gunung Embun Desa Luan

images

Pemkab Paser Kunjungi Kukar Untuk Studi Tiru Implementasi BPJS Ketenagakerjaan Bagi Pekerja Rentan

Tenggarong - Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Ahmad Taufik Hidayat, menerima kunjungan Pemkab Paser bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Paser yaitu Bappedalitbang Paser oleh Sekretaris Bappedalitbang Rusdian Nor,Se,M.Si didampingi Kabid Perekonomian Bappedalitbang Herida Erhan, ST serta Subkoordinator Pengembangan dunia usaha dan Transmigrasi Indah Setyo Dewi, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kepala Dinas Ir. Madju P. Simangunsong,Agus Setiawan, S.Sos,Dari Sekretariat Daerah Kurniawan beserta staf.

Ahmad Taufik Hidayat menerima kunjungan itu, didampingi sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kukar dan stakeholder terkait, pada Kamis (1/9) di Ruang Eksekutif Kantor Bupati Kukar.

Asisten I Pemkab Paser Romif Ewinadi mengatakan kunjungan tersebut terkait studi tiru implementasi BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja rentan. 

Romif mengatakan kebijakan Pemkab Paser, baru untuk perlindungan BPJS bagi Pegawai Tidak Tetap sejak tiga tahun lalu.

"Maka kami juga ingin melindungi pekerja rentan yang ada. Untuk itu kami ingin kiat-kiatnya yang telah dilakukan Pemkab Kukar," ujarnya.

Asisten I Pemkab Kukar Ahmad Taifik Hidayat pun menjelaskan, terkait BPJS Ketenagakerjaan masih dalam proses rumusan kebijakan yang disusun Bupati, dengan melibatkan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP). Artinya Perusahaan yang beroperasi di Kukar wajib terjun untuk menangani jaminan kesehatan bagi pekerja rentan di wilayah sekitar operasinya.

 Pemkab Kukar juga telah memberikan bantuan dalam hal perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, yakni bagi para pekerja rentan, pegawai non PNS atau tenaga honorer, aparatur pemerintahan, perangkat desa-BPD, para ketua RT, dan para nelayan. 

Sehingga, atas inisiatif dan dukungan penuh dalam perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pegawai non ASN dan pekerja rentan tersebut, Pemkab Kukar pada Desember 2021 lalu menerima penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Penghargaan itu diserahkan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo dan diterima Bupati Kukar Edi Damansyah.

Kunjungan kerja tersebut dirangkai dengan tanya jawab, yang diakhiri dengan saling bertukar cinderamata. Pemkab Kukar juga memberikan beberapa salinan terkait kebijakan BPJS Ketenagakerjaan di Kukar. (prokom04).


TAG

Dipost Oleh Team Website Bappedalitbang

Janganlah mengeluh untuk tangan yang belum bisa menggapai bintang dilangit, tapi Bersyukurlah untuk kaki yang masih dapat menginjak bumi...

Tinggalkan Komentar