• Selamat Datang Di Website Bappeda Kab.Paser
  • Gunung Embun Desa Luan

images

PRA RAPAT KOORDINASI TEKNIS SUMBER DAYA AIR PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Samarinda 11 Februari 2020,Kegiatan Pra Rapat koordinasi Teknis (Rakortek) Sumber Daya Air bertujuan untuk mempersiapkan penyelenggaraan Rakortek ke IV Tahun 2020, dengan mengusung tema “Keterpaduan Tindak Pengelolaan SDA untuk Indonesia”.

Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di ruang rapat Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Provinsi Kalimantan Timur Bidang SDA gedung B lantai 2 Samarinda.

Bahwa air menyangkut kehidupan masyarakat memerlukan penanganan dan pengelolaan yang bersifat lintas sektoral dan lintas wilayah yang memerlukan keterpaduan tindak oleh segenap pemangku kepentingan.

Pra Rakortek ini untuk mempersiapkan penyelenggaraan Rakortek SDA ke IV Tahun 2020, melalui kegatan ini perlu adanya sinkronisasi kegiatan dengan mengintegrasikan kepentingan berbagai sektor, wilayah dan para pemilik kepentingan dalam bidang sumber daya air, sumber daya lahan dan sumber daya lainnya.

Dalam pengelolaan SDA perlu memperhatikan penanganan dari hulu, tengah dan hilirnya yang harus ada keseimbangan dilakukan secara terpadu, dan bersinergi terhadap ketersediaan air baku.

Masalah kebutuhan air sebagai daerah penyangga dalam rencana pemindahan/pembentukan Ibu Kota Negara perlu menjai fokus perhatian bersama terhadap masalah pengelolaan SDA di Kalimantan Timur.

Pengendalian banjir yang lebih penting adalah pengendalian, konservasi dan penanganan hulu, pemasalahan SDA yang lebih berbahaya selain banjir adalah masalah kekeringan, karena merupakan salah satu sumber daya alam yang vital baik untuk kehidupan flora,fauna dan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari.

Dengan diberlakukannya UU No. 17 Tahun 2019 salah satu pertimbangan bahwa dalam menghadapi ketidakseimbangan antara ketersediaan air yang cenderung menurun dan kebutuhan air semakin meningkat, sumber daya air perlu dikelola dengan memperhatikan fungsi sosial, lingkungan hidup dan ekonomi secara selaras untuk mewujudkan sinergi dan keterpaduan antar wilayah, antar sektor dan antar generasi guna memenuhi kebutuhan rakyat atas air.


TAG

Tinggalkan Komentar