• Selamat Datang Di Website Bappeda Kab.Paser
  • Gunung Embun Desa Luan

images

Rapat Koordinasi Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Tahun 2019

Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Paser menggelar Rapat Koordinasi Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Tahun 2019 bertempat di Hotel Kyriad Sadurengas Kamis, 19 Desember 2019. Acara dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Setda Kabupaten Paser, Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser, Sekretaris Bappeda Kabupaten Paser, Pejabat Administrator, Pengawas dan Pelaksana pada perangkat daerah dibawah koordinasi Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia

Penyampaian laporan pelaksanaan kegiatan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Paser yang diwakili oleh Sekretaris Bappeda Kabupaten Paser serta sambutan dan arahan dari Bapak Bupati Paser yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan Setda Kabupaten Paser.

Pembahasan materi yang disampaikan pada Rakor bidang PPM terkait  Penyusunan Dokumen Perencanaan Kinerja dipimpin oleh moderator yaitu Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia dan Narasumber yaitu dari BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, Bapak Mas Agus Sutaryat, SE, Ak, CA.

Materi yang disampaikan oleh narasumber yaitu tentang proses penyusunan dokumen perencanaan agar selaras antar dokumen perencanaan. Selain itu, dalam menyusun dokumen perencanaan juga harus memperhatikan kriteriaa sebaga berikut yaitu SMART.

  1. Specific, jelas, tidak mengundang multi interpretasi
  2. Measurable, dapat diukur
  3. Achievable, dapat dicapai
  4. Relevant
  5. Timely, tepat waktu

Kemudian disampaikan juga hal-hal yang berkaitan dengan alur pikir logic model metode penyusunan dokumen perencanaan mulai dari input, activities, output, outcome, dan impact. Hal ini bertujuan agar hirarki dari visi, misi, tujuan/sasaran, strategi, kebijakan dan program dapat terukur dan diimplementasikan dengan optimal sesuai dengan target-target pada setiap indikatornya.

Rapat berlanjut dengan diskusi semua perwakilan Perangkat Daerah dengan beberapa Pertanyaan diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Paser: terkait dengan sektor pertanian yang bisa menjadi penopang bagi calon IKN. Masukkan kedepannya, bagaimana Bappeda memberikan pencerahan kepada perangkat daerah supaya bisa meningkatkan IPM Kabupaten Paser. Selain itu dalam menyusun dokumen perencanaan dapat memperhatikan pencapaian kinerja. Tanggapan dari narasumber: perlu koordinasi antara Bappeda dan perangkat daeah, bagaimana caranya meningkatkan PAD dan pendapatan penduduk. Artinya, perlu diperkirakan dinas mana saja yang memiliki tugas untuk meningkatkan pendapatan penduduk, misalnya Disperindagkop, Dinas Pertanian, dll. Sehingga nilai IPM dapat dikoreksi setelah didiskusikan dengan perangkat daerah terkait.

Diskusi berikutnya di sampaikan Apabila dalam menyusun dokumen perencanaan di tahun 2019 ini, sedangkan pada tahun 2021 nanti ada Bupati yang baru. Apakah memungkinkan nantinya dokumen perencanaan tersebut disusun pada saat bupati baru telah terpilih, dengan pertimbangan efektivitas dan efisiensi tersebut. Tanggapan dari moderator: pada dasarnya pada saat ini tidak melakukan penyusunan atau revisi terhadap dokumen perencanaan. Hal ini dikarenakan proses revisi tidak dimungkinkan karena saat ini telah memasuki tahun ketiga, dan tahun depan merupakan tahun keempat RPJMD. Dan berdasarkan ketentuan, revisi tidak dapat dilakukan melebihi periode atau tahun ketiga RPJMD. Kegiatan yang dilakukan pada saat ini merupakan persiapan yang dilakukan dalam rangka mempersiapkan penyusunan dokumen perencanaan teknokratis, sehingga para calon kepala daerah yang maju nantinya dapat memahami terkait dengan isu strategis dan permasalahan yang dialami oleh masyarakat Kabupaten Paser dan calon kepala daerah dalam menyusun visi dan misi dapat berpedoman pada dokumen perencanaan teknokratis yang telah disiapkan oleh Bappeda.


TAG

Tinggalkan Komentar