• Selamat Datang Di Website Bappeda Kab.Paser
  • Gunung Embun Desa Luan

images

Seminar Laporan Akhir Penyusunan Dokumen Rencana Pemanfaatan Lahan Eks Tambang

TANA PASER-RABU 31 Agustus 2022 di Ruang Rapat Simpepda Bappedalitbang, melalui Bidang Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Paser, telah melaksanakan Seminar Laporan Akhir Penyusunan Dokumen Rencana Pemanfaatan Lahan Eks Tambang. Kegaiatan Seminar Akhir tersebut dipimpin oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan mewakili Plh. Kepala Bappedalitbang Kabupaten Paser, sedangkan Tim Tenaga Ahli diwakili oleh Fareis Athaleits, S.Par, M.Par.

Dalam seminar yang dihadiri oleh SKPD terkait, Sekretaris dan Kepala Bidang Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kab. Paser (bu Siti Nur jannah), Sekretaris dan Kepala Bidang Dinas Perkebunan dan Peternakan (P. Harjana), Kepala Bidang Bina Uasaha dan Produk Wisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab. Paser (H. Saharudin),Camat Muara Komam serta Jabatan Fungsional Dinas dan Badan terkait termasuk Bu Irma Yusnita Fungsional Perencana Ahli Muda pada Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam Bappedalitbang Kabupaten Paser. Kajian pemanfaatan lahan eks tambang diharapkan mampu mengungkap potensi lahan eks tambang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Lahan eks tambang Desa Butok terdapat danau toska, adalah kawasan yang strategis untuk pengembangan wisata, karena lokasinya di lintasan jalan Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, kurang lebih 100 Meter dari Jalan Poros tersebut.

Namun demikian Waduk tersebut hanya indah dilihat tetapi tidak dapat disentuh karena selain PH air yang rendah di danau Toska ini mengandung ecoli yang tinggi.Lahan eks tambang di Desa Krayan Makmur terdapat danau biru dan danau cokelat. Danau cokelat terjadi bekas pembuangan tanah tambang yang menutup saluran udara, sehingga terbentuklah danau baru dengan air berwarna kecokelatan. Danau biru juga hanya indah dilihat tetapi sangat baik untuk disentuh karena PH air sanagat rendah, jika terkena kulit dapat mengakibatkan iritasi. Di sekitar waduk coklat memiliki potensi pengembangan pertanian terpadu dan kebun binatang mini. Dukungan masyarakat terhadap pemanfaatan lahan eks tambang sangat tinggi, hal ini menunjukkan bahwa jika potensi wisata dan pertanian yang dikembangkan pada lahan eks tambang terdukung dengan sumberdaya manusia sekitar, dan sangat mendukung untuk mendukung ekonomi masyarakat sekitar.


TAG

Tinggalkan Komentar