• Selamat Datang Di Website Bappeda Kab.Paser
  • Gunung Embun Desa Luan

images

SOSIALISASI PELAKSANAAN PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT PAMSIMAS III TAHUN 2020 - 2021

Tana Paser 15 September 2020,  Pelaksanaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III Tahun 2020-2021.

Akses air minum aman dan sanitasi layak Kabupaten Paser belum 100% untuk itu perlu dilakukan program kegiatan untuk memenuhi target akses air minum aman dan sanitasi layak tersebut.

Panitia Kemitraan adalah unsur pelaksana kegiatan Pamsimas pada Pokja AMPL Kabupaten/Kota yang bertugas dalam perencanaan, pemantauan dan evaluasi program Pamsimas.

Adapun Tugas Tim Panitia Kemitraan adalah sebagai berikut :

  1. Membantu Pokja AMPL dalam mensosialisasikan Pamsimas kepada desa dan kecamatan
  2. Melakukan seleksi dan verifikasi proposal desa
  3. Menyusun daftar pendek (short list) desa sasaran Pamsimas
  4. Melakukan koordinasi dengan DPMU terkait evaluasi RKM dan kemajuan pelaksanaan Pamsimas
  5. Membantu Pokja AMPL dalam pembinaan penyelenggaraan Pamsimas baik dalam perencanaan, penganggaran, pemantauan dan evaluasi
  6. Desa sasaran program Pamsimas adalah :
  • Desa-desa yang belum mencapai akses 100% air minum dan sanitasi
  • Desa-desa yang berminat mengajukan proposal untuk mendapatkan bantuan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan Sanitasi
  • Masyarakat dan pemerintah desa sanggup memenuhi persyaratan mengikuti program sebagai berikut :
  1. Memiliki sumber air baku, seperti mata air, air permukaan (embung, sungai, danau), air tanah (sumur bor dalam dan sumur bor dangkal)
  2. Bersedia membentuk kelembagaan pelaksana program Pamsimas tingkat Desa yaitu Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) dan Satuan Pelaksana.
  3. Bersedia membentuk kelembagaan pelaksana program Pamsimas tingkat Desa yaitu Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) dan Satuan Pelaksana
  4. Bersedia mengalokasikan Dana APBDes sebesar 10% dan menyediakan kontribusi masyarakat baik dalam bentuk tunai sebesar 4% maupun swadaya/tenaga sebesar 16% dari total usulan kegiatan.
  5. Sarana SPAM yang diusulkan dapat dikembangkan dengan konstruksi sederhana dengan biaya yang minimal dan dapat dilaksanakan oleh masyarakat setempat.
  6. Bersedia mengikuti petunjuk teknis kegiatan Program Pamsimas yang telah ditentukan.
  7. Jenis-jenis desa pelaksana program Pamsimas terbagi menjadi :
  • Desa baru, merupakan desa yang belum pernah mendapatkan bantuan Pamsimas. Jenis kegiatan pembangunan SPAM dapat meliputi pembangunan baru, perluasan dan peningkatan.
  • Desa perluasan, merupakan desa yang sudah pernah mendapatkan bantuan Pamsimas. Membutuhkan bantuan pengembangan SPAM guna perluasan pelayanan sampai ke 100% desa.
  • Desa Peningkatan, merupakan desa yang sudah pernah mendapatkan bantuan Pamsimas. Membutuhkan bantuan perbaikan kinerja guna perluasan pelayanan.

TAG

Tinggalkan Komentar